Syawalan PWB Tingkatkan Persaudaraan Untuk Indonesia

 Uncategorized

SEDULURNYENI.COM –  Paguyuban Warga Bantul ( PWB ) pada tanggal 29 Juni 2019 mengadakan acara Syawalan bersama 1440 H di Pendopo Rumah Dinas Bupati, Trirenggo, Bantul. Pada kesempatan itu dihadiri Asek III Pemda Bantul Sunarto, SH, MM, Kapten inf Suyadi dari kodim, Ibu Rinda Ragiel bendahara umum komunitas Sebhumi (Sedulur Bhumi Mataram) dan beberapa ormas lainya antara lain Cetar, IKKJ, MST, GAS RESCUE, GEBRAK, Paserjodan, PEKKA BANTUL, Sedulur Nyeni.  

                           

Sebagai penyambut tamu PWB menyajikan Angguk Asuhan Bp. Kirwanto dari pajangan  yang terdiri dari 10 penari yang sejak awal mulai perform . Indah Amora dan Dwi Syahputra Laura melengkapi hiburan pembuka bersama Kirwan entertainment. Lagu suket teki beriramakan keroncong dilantunkan Indah Amora  dan persembahan suara emas Kapten inf Suyadi dengan lagu kerinduan menambah hangat suasana siang itu.

Setelah para hadirin memenuhi kursi ruang pendopo mulailah Ester sebagai MC acara memanggil Ibu Wiwied Sukoco untuk memandu hadirin menyanyikan lagu Indonesia Raya. Dan sebagai penampil pembuka berikutnya adalah Tarian bali oleh anak-anak dari sanggar Yudhapati pimpinan Ibu Harti menampilkan tari PUSPAWESTRI. Para penari anak tersebut yaitu: MB SALSABILLA YULIANTI,PINDANYA AIRA NUR ZALFA, MADYA VIRENDRA LUCY SAFANTHARA, ANINDITYA PUTRI YUANEKA,NAIMA LAKSMI UTAMI,LAKSITA INDRASARI. Untuk penampilan tari Bali yang kedua dipersiapkan TARI PUSPA MEKAR oleh  HAFIDA RACHMA PUTRI dan  FAEGA RACHMANDA SUKMA.Sanggar Tari Yudhapati beralamatkan di  SANGGRAHAN RT 01 RINGINHARJO BANTUL CALL. : 85743237608.

 

Penampil selanjutnya tari Tumandang gawe oleh Anak Panca Kasih Atmajani asuhan Ibu Kumara, Panca adalah siswi kelas VI SD Winongo tinggal di RT 05 Perum Gunung Sempu Tamantirto kasihan.Panca saat ini juga sebagai bagian dari penari yang akan perform di hari jadi kota Bantul ke 188 pada tanggal 20 Juli 2019. Tari Tumandang Gawe mengajak kita untuk selalu guyup rukun dalam setiap pekerjaan dan dalam kehidupan sehari hari, sangat tepat dalam menyampaikan pesan moral dari visi dan misi PWB.

Di tegaskan pula oleh Martopo S.Kom sebagai ketua panitia syawalan bahwa sinergitas PWB dengan masyarakat dan pejabat pemerintah sangat penting, agar PWB dapat berjalan dan berfungsi sebagaimana mestinya. Demikian pula Bp Sunarto, SH, MM menyampaikan kebahagiaanya dalam menyambut syawalan ini melalui pidato Bupati yang dibacakanya.

Tim Aprianto Ketua PWB dalam sambutanya juga menggaris bawahi tentang tema yang di usung dalam syawalan ini “ Kemenangan Iman Meningkatkan Persaudaraan Bantul Untuk Indonesia “,  persaudaraan yang dimaksud tidak hanya sebatas untuk Bantul saja, namun untuk Indonesia. Kebinekaan, keragaman, menjadi kekayaan yang mempersatukan kita sebagai warga negara yang cinta akan NKRI.

Tiba saatnya Tausyah yang di berikan olah  ustad KH Abdul Muhaimin dari Pondok Pesantren Nurul Umahat, beliau adalah tokoh Forum Persaudaraan Umat Beriman (FPUB) DIY  menyampaikan amanat bahwa kita milik Allah yang harus mensyukuri atas segala nikmat yang diberikanNya kepada kita, rukun damai  berdampingan dengan keberagaman dan kekayaan budaya yang kita miliki dimanapun kita berada, bukan memandang dari sisi teologia, tetapi kemanusiaanlah yang lebih utama. Beliau sudah melanglang buana ke beberapa negara merasakan betul dan menikmati indahnya keberagaman dan kebhinikaan. Saya semakin mencintai Indonesia di saat saya di negara lain karena Indonesia sangat artistik dan sangat kaya budaya dan keragaman, Pungkasnya.

Dengan selesainya tausyah yang menyejukkan hati, berakirlah Syawalan kali ini ditutup  dengan doa dan kemudian menyanyikan  lagu Bagimu Negri dilanjutkan dengan ramah Tamah dan makan siang bersama dilanjut hiburan penutup yang sangat meriah, antara lain lagu Ngelabur Langit dan Kartonyono Medot Janji  oleh para personil penari Angguk Winda dkk diiringi Organ Tunggal Kirwan Entertainment membuat suasana lebih akrap sambil foto bersama. Dan para hadirin yang melanjutkan perjalanan pulang di berikan kenang kenangan oleh panitia sebuah tanaman sayuran antara lain tanaman cabe, terong dan tomat yang siap melengkapi koleksi tanaman di halaman rumah. Sukoco/red

 


Author: 

Related Posts

Tinggalkan Balasan