Masyarakat semakin sadar akan pentingnya Rapid Test

 Uncategorized

 

Kesadaran warga masyarakat untuk melakukan pemeriksaan rapid test setelah adanya kluster baru di Indogrosir layak mendapat apresiasi.
Seperti yang terlihat di Puskesmas Umbulharjo 2 area balaikota Timoho Yogyakarta, nampak antrian warga terlihat rapi dan disiplin mematuhi protokol kesehatan untuk melakukan rapid test Covid-19.

Sri Setiari,ST selaku Koordinator Surveilans sekaligus Koordinator pelaksanaan menyampaikan bahwa terdata ada 21 warga di wilayah Puskesmas Umbulharjo 2 yang akan melakukan rapid test di karenakan melakukan aktifitas di Indogrosir pada tanggal 19 April sampai 4 Mei 2020.
” lewat screening di aplikasi corona.jogjakota.go.id terdapat 21 warga yang berbelanja dan melakukan aktifitas di Indogrosir, mulai hari ini dan dua hari ke depan kita lakukan rapid test ” demikian Sri Setiari kepada wartawan ( 12/5/20).

Di tambahkan oleh Sri Setiari bahwa unuk pelaksanaan kegiatan di bagi 3 hari untuk menghindari kerumunan dengan pasien lain yang berkunjung untuk berobat.
” tanggal 12 kami ada 8 pasien rapid test selanjutnya tanggal 13 dan 14 ada 7 dan 6…supaya tidak menumpuk di karenakan kami juga tetap melayani pasien yang lain” imbuh Sri Setiari.

Tahapan pemeriksaan adalah warga membawa bukti struk belanja dan fotokopi KTP untuk selanjutnya di lakukan screening awal dan pemeriksaan administrasi, berikutnya adalah pengambilan sampel darah atau rapid test, jika ada keluhan sakit akan di periksa oleh Dokter, untuk hasil akan di sampaikan via WA sehingga setelah pemeriksaan warga bisa langsung pulang.

Fitri Muji Astuti salah seorang petugas screening menyampaikan setelah di lakukan screening dan pemeriksaan administrasi warga bisa langsung di lakukan rapid test, jika tidak ada keluhan di perkenankan pulang dan hasil akan di sampaikan lewat WA.
” kami buat sistem yang sederhana agar pelayanan bisa lebih cepat, setelah screening awal dan pemeriksaan administrasi bisa langsung rapid test, selesai bisa langsung pulang jika tidak ada keluhan, hasil akan kami sampaikan via WA” demikian di sampaikan Fitri Muji Astuti bersama tim yang lain Rawa Oktiana dan Gita Anjarwati.Turut serta dalam kegiatan untuk memastikan kelancaran rapid test Kepala Puskesmas Umbulharjo 2 Drg. Sri Kussutiastuti. G Raharjo / SN


Author: 

Related Posts

Tinggalkan Balasan