DIRGAHAYU PETANI INDONESIA KE – 26 TAHUN

 Uncategorized

SEDULURNYENI.COM – Kamis,(24/09/2020) DPC PETANI Kabupaten Bantul sebagai ucapan syukur memperingati Hari Lahirnya PETANI INDONESIA Ke – 26 Tahun ( 24 September 1994 – 24 September 2020 ) memberikan ” BIBIT JAHE MERAH DAN MASKER ” secara Gratis kepada Kelompok Tani
” TARUNA TANI TANI WARAS ” yang berada di Kalipakis , Rt. 05, Desa Tirtonirmolo, Kecamatan Kasihan, Kabupaten Bantul.

Kita ( DPC PETANI Kab. Bantul ) membagikannya di lokasi lahan yang akan digarap untuk Pertanian secara khususnya Jahe Merah dengan luas tanah 1000 m2 secara simbolis yang diwakilkan dengan beberapa anggota Kelompok Tani tersebut seperti BapakParjono, Bapak Endro, Bapak Bayu, dan Bapak Bagus ( Perwakikan Dari Gita Senter ).

Ferdinand Sahat Paprulian Tobing selaku Ketua DPC PETANI Kabupaten Bantul mengatakan pembagian bibit jahe merah gratis ini agar Petani ke depannya agar dapat berproduksi dengan menghasilkan potensi yang lebih tinggi dan berkelanjutan. Sekretaris DPC PETANI Kabupaten Bantul Ibu Nurul Azizah, ST, Msc mengatakan akan dibantu dari pengolahan lahan, budidayanya, pembuatan pupuk organik cair secara mandiri, dan hingga masa pasca panen akan dibantu dalam pemasarannya serta pengolahan jahe merah menjadi fungsi yang lebih tinggi dengan olahan menjadi bubuk / serbuk dan atau yang lainnya.

Nurul Azizah juga mengatakan selama menggunakan pupuk organik cair yang dibuat baik secara mandiri maupun secara kelompok dengan Kelompok Tani Kelompok Peduli Petani sudah banyak hasilnya yang disiramkan pupuk organik cair tersebut. Adapun juga dapat membuat POC nya dari limbah rumah tangga.

Ferdinand menambahkan pembagian masker ini juga diperuntukkan agar Petani tetap kondisi sehat untuk berproduksi karena merupakan garda terdepan bagi kestabilan ketahanan pangan bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia dan selalu mematuhi protokol kesehatan yang saat ini masih masa – masa pandemi covid_19.

Selain Kelompok Tani, Gita Senter, dan Pengurus DPC PETANI Kabupaten Bantul, hadir juga dari perwakilan Kecamatan Kasihan Bidang Kemasyarakatan Bapak Sugita yang juga selaku Calon Lurah Desa Tirtonirmolo.
Bapak Sugita mengatakan, acara simbolis pembagian bibit jahe merah dan masker secara gratis ini yang dilakukan DPC PETANI Kabupaten Bantul sangat mengapresiasikan yang sebesar-besarnya karena sangat membantu Kelompok Tani yang ada di Kalipakis Desa Tirtonirmolo dan semoga apa yang dicita-citakan Para Petani akan terwujud dengan semangat Gotong Royong akan menghasilkan Kedaulatan Pangan dan dapat menambah perekonomian bagi Para Petani.S

Sugita juga mengatakan, kita saat ini harus terus menjaga kondisi di saat – saat masa pandemi covid_19 dengan menganjurkan agar selalu cuci tangan dengan bersih, selalu memakai masker jika keluar rumah, dan selalu menjaga jarak jika ngobrol dengan orang dimana pun atau disingkat 3 M. 

Di akhir acara,Parjono selaku Ketua Kelompok Tani Taruna Tani Tani Waras sekaligus Tuan Rumah dan Pemilik Lahan sangat berterima kasih kepada DPC PETANI Kabupaten Bantul, Bapak Ferdinand, dan Ibu Nurul Azizah atas bantuannya kepada Kelompok Tani Kalipakis Desa Tirtonirmolo dan ke depannya memohon bimbingan berkelanjutan dalam pembudidayaannya jahe merah tersebut serta semoga ke depan bisa terus saling berkoordinasi dan bersinergi dengan Organisasi DPC PETANI Kabupaten Bantul untuk berkelanjutannya.
Akhir acara diselingi minum minuman jahe merah dan kopi hitam yang sudah dibuatkan oleh Tuan Rumah Bapak Parjono.( Fdn )


Author: 

Related Posts

Tinggalkan Balasan