Berbagi Kebahagian, Bakti Sosial di Panti Asuhan Bina Siwi

 Uncategorized

Sabtu, 7 Desember 2019 | 09.00 WIB

Sedulurnyeni.com – Berlokasi di komplek Balai Desa Sendangsari, Pajangan ,Jetis Kabupaten Bantul, sekelompok komunitas melakukan bakti sosial di Panti Asuhan Bina Siwi. Panti Asuhan yang berdiri sejak tahun 1993 ini merupakan tempat anak-anak berkebutuhan khusus atau sering kita sebut difabel. Dengan jumlah 9 Pengasuh dan 38 anak yang bermacam anak berkebutuhan khusus seperti Tuna rungu wicara, tuna daksa, tuna netra, dan tuna grahita.Panti dibawah Yayasan Mudiraharjo ini memiliki SLB (Sekolah Luar Biasa) dan juga Panti Asuhan Bina Siwi.

Bu Jum, selaku orang tua di Panti Asuhan Bina Siwi memaparkan, bahwasannya anak-anak yang tinggal di panti merupakan anak-anak daerah sekitar wilayah Pajangan, tetapi ada juga yang dari Pekalongan dan Wonosobo. Bu Jum juga bercerita mereka dititipkan oleh keluarganya dengan alasan kondisi ekonomi dan juga ada yang benar benar sudah yatim piatu. Setiap anak memiliki kebebasan untuk memilih kesenangannya, untuk itu di panti asuhan anak-anak difabel ini juga mendapatkan sebuah pembekalan ilmu keterampilan dan juga kemandirian. Karena merupakan Yayasan swasta jadi panti ini tidak begitu menggantungkan dengan bantuan pemerintah. Jadi cara yang dilakukan oleh pihak panti, setiap anak diajarkan keterampilan seperti bercocok tanam, membatik, bermain music gamelan, angklung dan band. Hasil bercocok tanam mereka juga sangat beragam dari mulai cabai, sawi, daun bawangdanmasihbanyaklagi, yang jikasaatpanenakan di jualdanhasilnyaakandibelikanuntukpersedianmakanmereka. Lalupembekalansepertibermain gamelan, angklung dan band juga sangat memberi dampak yang begitu positif, mereka sering diundang sebagai pengisi acara diberbagai kegiatan di kampus, pernikahan dan acara-acara hotel di Yogyakarta.

Saat team Sedulurnyeni.com dan komunitas 30 aku berbagi yang kebetulan sebagai panitia acara bakti sosial datang di panti asuhan, kita disambut dengan sangat ramah dan ceria. Disana kita disajikan berbagai macam pertunjukan seperti hadroh, angklung, dan memainkan music gamelan. Kegiatan tersebut sangat menyenangkan, dan tidak hanya team sedulurnyeni.com dan komunitas 30 aku berbagi yang hadir, ada teman-teman dari asrama Bundo Kanduang Sumatra Barat dan Komunitas Jalan Kali urang yang hadir juga mengadakan bakti sosial. Sungguh acara bakti sosial yang diadakan pada Sabtu, 7 Desember 2019 sangat menggembirakan. Acara tidak hanya bakti sosial tetapi ada juga pemberian penghargaan sosok inspiratif dari komunitas 30aku berbagi yang kebetulan diwakilkan oleh mbak Satya dan penghargaan tersebut diberikan kepada bapak Sukoco Hayat owner sedulurnyeni.com atas dediikasinya sebagai pencetus pameran seni rupa offline online pertama di Indonesia. Acara tersebut dilaksanakan juga bertepatan dengan hari ulang tahun komunitas 30 Aku Berbagi yang ke 4tahun. Selalu ada kebahagiaan jika kita berbagi karena berbagi akan membuat segalanya menjadi lancar imbuhan dari bapak Sukoco Hayat sebagai sosok inspiratif disambutannya.A Haris/ sedulurnyeni


Author: 

Related Posts

Tinggalkan Balasan