While You’re Away, Pertunjukan Teater Bayangan Karya Kelompok Seni Studio Baru

 Seni

Jakarta – Kelompok seni asal Yogyakarta, Studio Baru menyuguhkan teater bayangan bertajuk While You’re Away, Minggu, 3 Maret 2019, di Auditorium Galeri Indonesia Kaya, Jakarta Pusat. Pertunjukan ini adalah salah satu dari 14 Kelompok Seni Terpilih program Ruang Kreatif: Seni Pertunjukan Indonesia.

Marcellina Dwi Kencana Putri selaku Pimpinan Produksi Studio Batu mengaku tak hanya bangga menjadi salah satu kelompok seni yang ikut terlibat, namun mereka juga mendapat kesempatan berharga menghasilkan karya-karya ke hadapan penikmat seni.

“Sebagai peserta terpilih, kami juga dapat bekerja sama dengan Bakti Budaya Djarum Foundation, Garin Nugroho, dan tentunya mentor kami Tinton Prianggoro dari Teater Koma yang sudah sangat dikenal karena selalu mempersembahkan sebuah pertunjukan yang luar biasa dari segi artistik maupun non-artistiknya,” jelas Marcellina dalam keterangan tertulis yang diterima oleh Liputan6.com

 

Setelah mengikuti proses mentoring, kelompok seni Studio Batu juga lebih siap menampilkan hasil karya. Besar harapan mereka agar mentoring ini dapat dinikmati oleh para penikmat seni.

Pertunjukan While You’re Away dikemas dalam suguhan teater bayangan dan video mapping yang terinspirasi dari upaya merawat sebuah kenangan dalam objek maupun lagu. Pertunjukan berjalan kurang lebih 60 menit.

While You’re Away berkisah mengenai seniman fiksi bernama Iyok Suntari yang mengenang kekasihnya dan diungkapkan dalam sebuah rangkaian karya. Namun, ia tak sempat merampungkan karena meninggal dunia karena asam lambung yang parah.

Studio Baru merangkai cerita mengenai sekumpulan pemuda yang menemukan karya Iyok yang tak selesai. Mereka berupaya merampungkan karya Iyok dengan menghadirkan tiga karya instalasi yang dibuat sang seniman untuk publik.

Sementara, 14 kelompok terpilih program Ruang Kreatif: Seni Pertunjukan didampingi oleh para mentor seperti Garin Nugroho, Eko Supriyanto, Ratna Riantiarno, Rama Soeprapto, Djaduk Feriyanto, Tinton Prianggoro, Iswadi Pratama, Ruth Marini, Subarkah Hadisarjana, Hartati, dan Butet Kartaredjasa.

“Studio Batu memiliki daya pikat tersendiri dalam menyajikan pertunjukannya. Ide kreatif dalam artistiknya yang original dan mengadaptasi seni tradisi Wayang Bayangan dalam presentasinya, membuat Studio Batu memiliki daya tarik yang berbeda dengan kelompok lainnya,” jelas Tinton Prianggoro selaku mentor dari kelompok Studio Batu.

Pentas Ruang Kreatif: Seni Pertunjukan Indonesia dilaksanakan mulai 2-31 Maret 2019 di Auditorium Galeri Indonesia Kaya, Jakarta yang menampilkan karya dari ke-14 kelompok seni dari Bandung, Yogyakarta, Pekanbaru, Banyumas, Pontianak, Palangkaraya, Jakarta, Kudus, Bekasi, Surakarta, Bali, Semarang, dan Jayapura.

 

 

sumber : https://www.liputan6.com/lifestyle/read/3909061/while-youre-away-pertunjukan-teater-bayangan-karya-kelompok-seni-studio-baru


Author: 

Related Posts

Tinggalkan Balasan