SUKSES PERGELARAN KARYA TEATER JUDUL PESTA PENCURI

 Seni

SEDULURNYENI.COM BANTUL 10/01/2020 naskah drama pesta pencuri ini merupakan naskah yang dituliskan oleh jean anouilh pada tahun 1932. naskah tersebut menceritakan tentang komplotan pencuri yang ingin merebut perhiasann bangsasan ddngan penyamarannya. tidak hanya komolotan pencuri saja yang tergiur dengan perhiasan maupun kemewahan yang dimiliki bangsawan, namun borjuis pemilik bank juga menginginkan kekayaan bangsawan tersebut dengan cara mengupayakan agar anaknya dapat dinikahkan agar kekayaannya bertambah. tipu daya serta upaya telah dilakukan oleh komolotan pencuri maupun borjuis pemilik bank, mereka merasa bahwa mereka telah berhasill memainkan bangsawan, namun ternyata tanpa disangka bangsawan juga memikiki siasat untuk memainkan mereka. di situasi yg saling memainkan tipu daya, ternyata ada daya yg lebih besar yang tidak pernah di sangka oleh mereka ysitu salah satu kemenakan bangsawan mencintai salah satu dari komplotan pencuri.  pencuri pun pada akhirnya akan tercuri juga hatinya.

sutradara memilih naskah pesta pencuri untuk dipentaskan dalam bentuk pertunjukan teater karena sutaradara menyukai naskah tersebut yang dimana  jalinan ceritanya yang sangat menarik dan masih kontekstual dengan permasalahan sosial hari ini walaupun naskah tersebut ditulis pada tahun 1932. permasalahan sosial mengenai mempertahankan kekayaan dan kelas sosial. pada hari ini terkadang membuang sisi manusia yang sejatinya dimiliki dari jaman dahulu kala, yaitu perasaan. cinta bagi sutradara adalah bentuk ungkapan maulun upaya yangbsetisp manusia memiliki hak untuk mrmilki dan mengungkapkan. namun karena adanya permasalahn sosial tersebut, manusia hari ini lebih mementingkan kehidupan yang oraktis untuk menghidupinya.

sutradara memilih bentuk pertunjukan drama musikal dalam mengimplementadiksn pesta oencuri dalam pertu jukan teater karena sutradara merasa nsskah pesta pencuri memiliki potensi maupun tantangan tersebut untuk menggarapnya dalam drama musikal. selain itu, sutaradsra melihat masyarakat ini lebih memiliki minat yang besar terhadap pertunjukan drama musikal sehingga sutradara akan lebih mudah untuk menyisipkan sehingga penonton dapat memahami isu maupun tujuan dari teks drama yang dipertunjukan dalam bentuk pertunjukan teater. pertunjukan pesta pencuri ini disutradari oleh I Kadek Viswa Nata dan aktor utama Muhammad Ilham dan tempat penyelenggaraan ini barada di Jurusan Teater ISI Yogyakarta.  (Hsoleh)


Author: 

Related Posts

Tinggalkan Balasan