Sri Sultan HB X Resmi Buka Pameran Seni Rupa Sewindu UUK DIY

 Seni

SEDULURNYENI.COM – Pemeran Seni Rupa Sewindu Undang Undang Keistimewaan Yogyakarta telah resmi dibuka oleh Gubernur DIY Sri Sultan Hamengkubuwono X di Gedung Dinas Perpustakaan Arsip DIY ( Grhatama Pustaka dan Depo Arsip ) Senin 31 Agustus 2020. Pameran akan berlangsung hingga 30 September 2020.

Dalam sambutanya, Ngarso Dalem menjelaskan tentang Wasiat HB IX bahwa Jogjakarta bergabung dengan NKRI sebagai Propinsi yang Istimewa dan berperan penting dalam kemerdekaan NKRI.

Sri Sultan HB X beserta Rombongan didampingi Yusman , Tazbir  dan Totok Buchori menghampiri satu persatu karya yang di pamerkan dari 90 Seniman Jogja yang terdiri dari perwakilan sanggar seni yang ada di kota gudeg ini.

Yusman menjelaskan  relief karyanya berjumlah 11 yang menceriterakan sejarah perjuangan dan Keistimewaan Yogyakarta. Totok Buchori mengenang kembali para Guru Guru Seni dan sejarah sanggar serta tokoh – tokoh seni rupa yang telah almarhum diantaranya Wardoyo, Soenarto PR pendiri Sanggar Bambu, Tino Sidin dan  lainya.

Dalam peringatan Sewindu UUK DIY ini, tidak hanya Pameran Seni Rupa saja, tetapi juga ada peluncuran buku dan  pameran buku arsip,  peluncuran Gending Keistimewaan, Pentas tari anak dan lain – lain yang menunjukan bahwa Yogyakarta memang Istimewa.Sukoco / SN


Author: 

Related Posts

Tinggalkan Balasan