“Presiden Wedangan”dampingi buka Pameran TBY

 Seni

SEDULURNYENI.COM ,24 April 2019 adalah moment penting bagi Paguyuban Wedangan untuk  tidak di lupakan seperti pesan dari lagu Koesplus yang dilantunkan oleh salah satu peserta pameran dalam pembukaan  Pameran Ngawe Kadang VI  di TBY yang mengangkat tema ” Wanito Utomo Tuladhaning Bongso ” . Paguyuban yang kurang lebih terbentuk 10  tahun yang lalu ini kumpul bareng tampak guyup dari yang muda hingga yang tua. 

“Rasanya seperti kembali muda je nakmas Gunawan Pastel Biru hihihi”, saya yang tua bisa kumpul sama Tores peserta terkecil” demikian Liek Suyanto Aktor dan juga pelukis senior yang ikut guyup dalam pameran tersebut. Begitu juga “Presiden Wedangan” Bambang Sakono Wijoyo dengan rendah hati serta ramah menyambut tamu undangan dan segenap pengunjung.

Dalam Sambutanya Watie Respati selaku ketua event menjabarkan tentang tema ” Wanito Utomo Tuladhaning Bongso ” di angkat untuk menghargai hari kelahiran RA Kartini pada bulan April ini. Sosok Kartini yang sangat di kenal sebagi tokoh penggerak emansipasi di maknai Watie agar kaum wanita tidak hanya  sekedar sebagai obyek penderita tetapi sebagi pelaku andil dalam keluarga, masyarakat, bangsa dan negara serta berperan dalam  bidang seni dan budaya.

Alex Lutfi R sebagai kurator serta penulis dalam pameran ini mengganggap Paguyuban Wedangan  adalah kelompok yang sangat konsisten untuk selalu mengadakan Pameran dalam setiap tahunnya. Ngawe Kadang sukses mengajak seniman- seniman dari kota besar di Indonesia ini. Adalah suatu kesuksesan kelompok wedangan untuk menunjukkan eksistensinya. Sedikit menyinggung latar belakang kelompok ini bewawal dari obrolan wedangan di pasar Ngasem Yogyakarta kemudian dengan guyup merancang kegiatan seni dan berkembang hingga sekarang. Perihal kwalitas karya diserahkan monggo kepada para apresian untuk menilai sendiri. Pungkasnya.

Disambut pula oleh utusan Wagub DIY Sripaduka KBPPA Paku Alam X bahwa pameran  ini adalah wujud dari ke istimewaan Yogyakarta sebagai Kota Seni Dan Budaya. Didampingi oleh Presiden Wedangan membuka secara resmi Pameran Seni Rupa Ngawe Kadang VI  tema ” Wanito Utomo Tuladhaning Bongso “.Pameran akan berlangsung sejak tgl 24 hingga 30 April 2019. Adapun pesertanya adalah 74 Perupa 2 dimensi dan 8 Perupa 3 Dimensi  dari beberapa kota di Indonesia. sukoco/red

 

 


Author: 

Related Posts

Tinggalkan Balasan