Pengantar Pameran ” Ini Karyaku # 2 ” oleh Sukoco Hayat

 Seni

 

SEDULURNYENI.COM – Pemeran seni rupa menjadi sebuah kewajiban bagi seorang seniman lukis, patung, Instalasi dan lainya. Seiring perkembangan jaman pameran seni rupa tidak meski dilakukan secara offline, tetapi pameran secara Virtual semakin digemari karena dirasa lebih praktis, efisien dan mampu menjangkau pengunjung lebih luas. Hanya dengan HP dapat menikmati sebuah pameran virtual dimanapun berada.

Pameran ini sangat tepat untuk menjaga eksistensi para Pengkarya/ Seniman di jaman sekarang. “Ini Karyaku #2 “diselenggarakan untuk kembali mengajak para kreator/ pengkarya/ seniman menunjukan karya terbaiknya, dan mengingatkan kita pada Pameran Virtual “Ini Karyaku #1” di tahun 2019 lalu yang mendapatkan Aprsiasi Dari Original Rekor Indonesia.

Beberapa seniman berpartisipasi dalam pameran Seni Rupa Ini Karyaku #2, Sujarwo dengan kekuatan figuratif tampak magis mengekspresikan sebuah balada corona yang masih dekat dengan kehidupan sehari-hari. Salah satu karyanya menunjukan kereligiusan dengan ibadah bersama memohon kepada  Tuhan untuk diberi perlindungan pada masa dan kondisi seperti ini.

Beberapa karya Mr. Aditya juga mengangkat tema religius tampak pada karya lukis kaligrafinya dan dipertegas dengan foto profile berbaju koko dan kopyah menunjukan Mr. Aditya seniman yang religius, walau ada karya dengan sosok macan, menunjukkan semangat dalam berkarya, kreatif dan pantang menyerah.

Ini Karyaku #2 memberi ruang bebas kreatif untuk menampilkan potensi setiap seniman. Gogoek Hardiman kuat pada cat air dengan figur simbolis diantaranya mengangkat budaya pewayangan penuh makna yang dalam sebagai obyek karyanya.Bayu Kurniawan memberi warna dan bentuk kesederhanaan sehingga karyanya tampak lembut dengan goresan mengimplementasikan perasaan lembut pula, Elemen koin rupiah dimasukkan menjadi bagian media menjadikan karyanya tambah unik membentuk simbol dan figur tertentu.

Batara Legenda mengabadikan tokoh – tokoh cerita legenda yang tetap masih kental dalam ingatan masyarakat sampai saat ini. Sosok Nyai Ratu Kidul salah satu figur yang di legendakan oleh Batara legenda.

Rudy TS menampilkan figur penari bumbung, tari baris dengan warna serta goresan yang khas penuh irama di tambah karya berjudul Hijrah lebih menonjolkan pada konsep yang dalam dengan visual yang mantabs dan pas menyentuh perasaan.

Augustinus dengan teknik blobor cat air sangat ekspresip menampilkan sosok penari dengan kekuatan di wajah, sorot dan tatapan mata memperlihatkan ketegasan yang spotan dalam setiap goresan karyanya, terlihat juga kekuatan arsitektural dalam karya cat air yang berjudul Kota Lama. Imade Sukanadi mengeksplor pada keindahan alam mengiplementasikan keagungan Tuhan Pencipta Alam Semesta.

Keunikan masing-masing seniman dengan karakter serta filosopi yang beragam memberi warna tersendiri dalam pameran seni rupa online Ini Karyaku #2. Debora Rini, Niluh Sudarti dan Nur Azizah adalah sosok wanita Kartini modern turut mensuport perjalanan pameran online kekinian dengan karyanya yang berkarakter kuat dalam simbol – simbol figur serta warna tegas.

Pelukis abstrak generasi muda : Charles Bhagaskara Taylor, Carolina B. V. Taylor, Renate E. V. Taylor, Ricke K. Wijaya akan menyusul melengkapi warna warni pameran seni rupa ” Ini Karyaku #2 “.

Harapan penyelenggara pameran ini semakin banyak yang mengapresiasi, memberi kenyamanan bagi seniman peserta, menambah semangat, mengedukasi bagi masyarakat penikmat seni, sebagai sarana promosi  dan menjaga eksistensi seniman, memberi ruang bagi kolektor dalam melihat dan mengkurasi karya – karya terbaik seniman secara virtual.

Selamat berpameran “ Ini Karyaku #2 “

Yogyakarta ( 30/4/2021 )

Penulis : Sukoco Hayat

Video pameran dapat di klik di sini

Untuk melihat karya karya seniman dalam Pameran Seni Rupa Online  Ini Karyaku # 2 dapat di klik di sini


Author: 

Related Posts

Tinggalkan Balasan