Panitia UUK DIY hadirkan Kurator di Sekretariat Studio Patung Yusman

 Seni

SEDULURNYENI.COM. Yogyakarta 13 Juli 2020 Panitia Peringatan Sewindu UUK ( Undang-Undang Keistimewaan ) DIY mengadakan pertemuan di sekretariat Studio Patung Yusman Jl. Raden Admad No.74, Tirtonirmolo, Kasihan, Bantul, Yogyakarta.

Hadir dalam pertemuan tersebut: Igrar, Livy Laurens, Gatot, Astuti Kusumo, Totok Buchory, Kurator Suwarno Wisetrotomo, Dr. Haryadi Baskoro, MA, M.Hum, Bahrul Fauzi Rozyidi SE, MBA , CSA , Yusman, Sukoco Hayat. Nur Azizah dan Budiarto.

Dengan semangat volunter Dr.Haryadi Baskoro Wakil Ketua Panitia memaparkan banyak hal mengengenai latar belakang kegiatan sehingga bersinergi dengan Yusman Patung yang begitu siap dengan patung dan relief sejarah yang belum pernah dipamerkan, sehingga Yusman sangat tepat sepagai Panglima karena Yusman sejarawan yang seniman dan seniman yang menguasai sejarah khususnya Tentang Keistimewaan Yogyakarta. Respon masyarakat dan pemerintah daerah sangat mendukung dengan kegiatan ini, diantaranya Dinas Perpustakaan dan Arsip, Dinas Pertanian , Dinas Perhubungan, Kraton, serta pihak Kampus UGM.

Ditambahkan oleh Bahrul Fauzi Rosyidi, SE, MBA, CSA selaku sekretaris mengenai management penyelenggaraan kegiatan untuk dapat sebagai bahan acuan dalam konsep Kuratorial Pameran Seni Rupa yang akan di Kemas oleh Suwarno Wisetrotomo.

Yusman Juga memaparkan tentang komsep karya-karyanya serta latar belakang sejarah relief serta patung patungnya dengan sangat detail dan penguasaan materi sejarah yang telah diakui oleh banyak profesor. Tetapi Yusman di Jogja tidak sendiri, sehingga harus merangkul seniman di Jogja lainya.
Direspon positif oleh Totok Buchory bahwa seniman Jogja itu bagaikan bunga yang berwarna warni, akan tampak indah dengan toleransi serta saling menghargai dengan berbagai perbedaannya.

Suwarno menangkap segala paparan dari panitia dan siap mengemasnya dan menempatkan sebagai kurator disituasi yang sangat istimewa, situasi yang tidak biasa, situasi covid yang perlu protokoler yang tidak mudah serta siap berdiskusi, mendukung agar panitia solid dan sukses.

Setelah koordinasi dengan laporan jobdisnya masing – masing panitia dan dirasa cukup mantab, mulai diedarkan undangan kurang lebih untuk 100 seniman lukis dan patung calon peserta pameran seni rupa. Koordinasi selanjutnya akan dilanjut di WAG dan agenda terdekat adalah pada tanggal 21Juli 2020 mendatang dengan nama acara Jogja Semesta serta akan dimulai diskusi tentang Keistimewaan Yogyakarta dan penandaan patung dilokasi pameran yaitu di Grahatama Pustaka Dinas Perpustakaan DIY.Jl. Janti, Wonocatur, Banguntapan.Bantul. Sukoco/ SN


Author: 

Related Posts

Tinggalkan Balasan