On The Spot Sketsa peringati Sewindu UUK DIY

 Seni

SEDULURNYENI.COM – Pameran Seni Rupa Sewindu Undang Undang Keistimewaan Yogyakarta di Gedung Dinas Perpustakaan Arsip Daerah Istimewa Yogyakarta (Grhatama Pustaka dan Depo Arsip) Jl.Janti, Banguntapan Bantul, DIY sudah berlangsung 2 minggu.

Agenda Saptu 12/9/2020 adalah On the Spot Sketsa di area lokasi pameran yang rencana karyanya untuk di musiumkan. 25 peserta pameran terdaftar ikut on the spot antara lain :

1.Yusman
2. Achmad Masih
3.Astuti Kusumo
4.Slamet Jumiarto
5.Maria FP
6.Liek Suyanto
7.Nanang Widjaya
8.Otok Bima
9. Heru Dodot
10.Totok Bukhori cucunya
11.Sukoco Hayat
12.Nur Azizah
13.Budiarto
14.Iqrar D
15.Raden Raharjo
16.B. Susyanto Mulyo.
17.Yamiek
18. Subandi Giyanto
19.Kirman
20. Muhajirin
21.Bas Andi Seno
22.Pramono Pinunggul
23.Untung Basuki
24.Nurfuad
25.Rismanto

Tidak semua seniman bisa hadir karena berhalangan, namun semangat dan kebersamaan terlihat dalam menikmati ketela ungu sebagai camilan di pagi itu. Para seniman menunjukan kepiawaianya memainkan konte arang hitam dan Tinta Cina diatas kertas A3.

Yusman Patung mengabadikan karya reliefnya dengan sketsa pensil, Heru dodot menggunakan tinta Cina sangat cepat menggambar sketsa dengan model rekan – rekan seniman, Totok Buchori dengan kekuatan realismenya menangkap gedung dinas perpustakaan sebagai obyek tampak apik. Otok Bima Sidarta dengan duduk di Gasebo menggunakan tehnik memotret model terlebih dahulu, Budiarto dan Ahmad Masih rela di tengah terik matahari untuk mendapatkan obyek yang memarik.

Bahrul Fauzi seorang ahli ekonomi juga tergerak untuk melakukan sketsa setelah melihat keasyikan teman – teman seniman yang sedang on the spot. ” Saya senang mendapat mentor dadakan seperti mas koco, mbak nur dan mas budiarto ” paparya dalam WAG panitia.

Kebersamaan seniman dalam acara on the spot menunjukan keberagaman karakternya masing – masing terlihat dalam setiap goresan garis – garis, titik dan blok hitam adalah bagian dari keIstimewaan Yogyakarta, seniman terus lahir dan berbaur tanpa batas saling asah asih dan asuh di Ibu Kota Seni Rupa ini.

Setelah usai On The Spot para seniman menuju lantai 2 lokasi pameran untuk foto bersama dan berbaur dengan pengunjung pameran serta mendampingi mereka dalam berapresiasi terhadap karya karya Pameran Seni Rupa Sewindu UUK DIY. Sukoco / SN ( 12/9/2020 ).


Author: 

Related Posts

Tinggalkan Balasan