Mahasiswa Studi Orientasi Profesi Disambut Ramah di Sedulurnyeni

 Seni

SEDULURNYENI.COM – Studi Orientasi Profesi (SOP) merupakan salah satu matakuliah yang wajib diambil oleh mahasiswa Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta, mata kuliah ini untuk mengupayakan agar mahasiswa tidak kaget dengan dunia luar setelah mereka lulus kuliah nanti. Pada hari  Rabu 30/10/2019 sejumlah mahasiswa JurusanTari ISI Yogyakarta diterjunkan di lokasi SOP yang kurang lebih akan dilaksanakan selama satu setengah bulan  di Jl. Rekai Layang 5 no. 162 RT 05 Perumahan Gunung Sempu, Tamantirto, Kasihan, Bantul.

Di lokasi ini mahasiswa akan terjun dan belajar di duniaJurnalistik yang dikelola oleh seorang seniman seni rupa yang juga hobi di bidangJurnalistik. Sukoco Hayat DP yang pernah menempuh Pendidikan Seni Rupa IKIP Semarang yang kini sering disebut Universitas Negeri Semarang.

Sambutan ramah  dari owner web sedulurnyeni.com dibuka dengan obrolan hangat dan perkenalan serta pengalaman masing-masing mahasiswa. Dari sekian mahasiswa yang ada di jurusanTari, lima mahasiswa memilih tempat ini dengan alasan ingin belajar menulis berita dan menerapkan hasil selama belajar beberapa mata kuliah yang masih saling berkaitan.

Lokasi ini sudah menjadi tempat rujukan mahasiswa SOP untuk yang kedua kali, dengan dosen pembimbing  Drs. Surojo, M.Hum, menemani mahasiswa untuk terjun langsung kelokasi studi orientasi profesi. Menurut Sukoco awalnya dia terjun di dunia jurnalis karena sebuah kebutuhan untuk mengenalkan seni rupa di seluruh masyarakat. Sukoco yang berawal menjadi team Jurnalis  di beberapa media cetak dan online, kini memberanikan diri untuk membuka situs web sendiri dengan alasan agar berita yang dia tulis bisa segera tayang dan bisa diakses oleh banyak orang.Atas kegigihannya ia mampu mengelola web yang kini ia pegang sudah berdiri selama hampir dari setahun. Kini Sukoco juga aktif berpameran seni rupa di antaranya Pameran Seni Rupa Offline Online (PSROO) yang diadakan di Ndalem Djayaningratan jalan Dagen no. 219 Yogyakarta, dan mendapat penghargaan sebagai pelopor pameran seni rupa offline dan online pertama di Indonesia dari ORI REKOR. Dengan ramahnya juga Sukoco memberi semangat untuk Para Mahasiswa peserta SOP untuk selalu mencoba hal-hal baru dan lebih peka melihat keadaan sekitar apa saja yang sedang terjadi saat ini.(Hrs)


Author: 

Related Posts

Tinggalkan Balasan