Lukisan A’ad Mandar Bangkitkan Semangat

 Seni

SEDULUR NYENI.COM – Yogyakarta 20 Agustus 2020, A’ad Mandar Seniman Rupa dari Mandar Sulawesi Barat dalam rangka memperingati HUT RI yang ke 75 TAHUN melukis dengan tema  lokal dari tanah asalnya. Di dalam lukisan tersebut menampilkan gambaran  suatu tradisi pemindahan rumah dengan cara diangkat secara bersamaan oleh penduduk setempat, tradisi ini telah berlaku secara turun temurun dan di kenal dengan istilah lokal Pappalenggu Boyang / Paakke Boyang yang berarti ritual pemindahan rumah suku Mandar dengan cara di angkat secara gotong royong” . Tak hanya kaum pria, perempuan pun juga terlibat dalam tradisi ini, sebagai penyemangat dan bertugas memberikan jamuan untuk kaum pria dalam meringankan penatnya.

Lukisan yang berjudul “Sibali Parriq Maakke Boyang” ini digarap di Yogyakarta sejak tgl 15 hingga puncak penyelasaiannya pada hari Senin 17 Agustus 2020 sebagai momentum spesial terhadap persembahannya untuk peringatan kemerdekaan Indonesia.

Maksud dari pembuatan karya ini disampaikan A’Ad Mandar kepada sedulurnyeni.com adalah suatu refleksi terhadap bangsa Indonesia yang masih terpuruk sejak di landa wabah Covid-19. Untuk itu melalui karyanya ini, ia mengajak kepada segenap bangsa Indonesia untuk Kembali Bersatu bangkit dari keterpurukan ini, layaknya tradisi pemindahan rumah tersebut, kita juga sebagai bangsa harus padu, baik dalam berkarya maupun dalam cara kita masing-masing demi memajukan bangsa kita, Indonesia. Red/SN


Author: 

Related Posts

Tinggalkan Balasan