Kegiatan Tingkat RT Berpeluang Lahirkan Seniman

 Seni

SEDULURNYENI.COM – Dalam rangka menyambut  17 san 2019 Peringatan  HUT RI  ke-74 Menuju Indonesia Unggul kegiatan  tingkat  RT di beberapa tempat sudah mulai marak, diantaranya lomba kreatifitas kebersihan lingkungan  antar blok  yang diadakan di RT 09 Perum Puspa Indah, Gedongan,  Bangunjiwo , Kasihan, Bantul.

Sengaja kami jurnalis dari sedulurnyani.com mendatangi dan mewawancarai ketua  RT 09  Sri Mulyono (31/7) ketika kami melihat foto unggahan  seniman IndahNya di medsos tentang kegiatan melukis jalan Paving Blok di area Perum Puspa Indah. Menurut Bpk Sri Mulyono menjelaskan bahwa kegiatan menghias jalan adalah bagian dari lomba kreatifitas dan kebersiahan lingkungan dengan peserta 6 BLOK dari Blok H hingga Blok M,  setiap Blok rata-rata di huni  12 KK  dengan anggaran cat secara swadaya akan ada 3 pemenang yaitu juara 1,2 dan 3  di nilai sejak tgl 4-10 Agustus 2019,  ketua panitia acara ini adalah Pak  Heru Blok L.Tambahnya.

Di tampat yang berbeda jurnalis sedulurnyani.com juga mewawancarai seniman  IndahNya yang ikut ambil bagian melukis paving blok yaitu di Blok H. Menurut Indah seniman nyentrik yang sangat aktif dalam setiap kegiatan seni rupa  juga sangat mendukung  dan mengapreasi lomba ke RT an ini. Kegiatan seperti ini memberi ruang ekspresi kepada warga serta memberi warna kreatif dalam menyongsong HUT RI untuk tidak sekedar memasang umbul-umbul saja.

Peran perupa sangat diperlukan di masyarakat khususnya pada event / kegiatan seperti ini. Secara teknis Indah Juga merasakan tingkat kesulitan melukis jalan paving 3x lebih sulit daripada melukis mural biasa karena permukaan yang bertekstur kasar serta nat pasir yang lebar dan begitu menyerap cat, sehingga memerlukan teknik tersendiri.

Bagi Indah  selain  secara visual memberi daya tarik, kegiatan tingkat  RT seperti ini bisa menjadi contoh baik memberi kesempatan warga untuk menggali potensinya  di bidang seni rupa dan tak menutup kemungkinan munculah perupa baru dan berpeluang  lahirkan  seniman yang mampu mengharumkan dan membanggakan warga. Sukoco /sedulurnyeni.


Author: 

Related Posts

Tinggalkan Balasan