Karya Seni Rupa Penentu Karakter

 Seni

Karya Seni Rupa Penentu Karakter

SEDULURNYENI.COM – Kehidupan era milenial serba digital menentukan selera yang cenderung serba simple namun komprehensif, cerdas, cepat, segar, bergairah dan semangat optimistik. Begitupun dalam pilihan disain atau karya seni. Apa yang diinginkan oleh umumnya orang saat ini multifungsi dan ringkas. Hal itu dapat diinterpretasikan semisal karya fungsional sekaligus sebagai karya seni atau karya seni tinggi namun memiliki nilai fungsional dengan finishing pabrikan atau justru tanpa bahan kimia. Dengan menggunakan bahan dan media dari alam atau pemanfaatan barang atau karya yang tidak difungsikan menjadi hal baru dengan kemasan baru dan bercitarasa semangat zaman.

Selain itu menjadikan fungsi karya seni memberikan kejutan, pencerahan, menginspirasi, menyegarkan, menyenangkan, dia mungkin bisa bergerak atau seolah-olah bergerak terus, memberi harapan atau seolah-olah memberi harapan, seperti kasih sayang, humanis, simple dengan warna mencolok, unik atau antik, atau usang. Warna-warna yang berbeda dari warna yang sering muncul dalam pandangan keseharian.

Bukan karya seni yang merupakan isi kegundahan hati, kegelisahan dari masalah-masalah ruwet seniman. Karya seni yang memberikan motifasi bagi yang melihatnya, karena alasan hidup sudah cukup penuh kepenatan dengan beban kesulitan, berpikir keras dan pekerjaan berat yang seringkali mudah membuat sakit. Mungkin karena persaingan bisnis yang semakin ketat, sulitnya mencari waktu luang untuk refresing.

Oleh karenanya karya seni sebagai jalan keluar untuk relaksasi, hiburan, dan penyegaran. Karya seni seperti ilusi memberikan kasih sayang yang berbeda, menggantikan semangat yang hilang atau seperti memberikan mainan yang bisa berkomunikasi disaat terlepas dari kegaduhan rutinitas kerja dan kelelahan berpikir. Apabila dalam kamus umum bahasa Indonesia yaitu kecerdasan menciptakan keindahan dan apabila dalam bahasa Inggris ditekankan kepada istilah Visual Art.

Jadi kita semua sama-sama mengajak untuk cerdas dan sehat.
Sejalan dengan apa yang diisyaratkan oleh pengembangan Rumah hunian dengan bagaimana merenovasi keinginan yang muncul sesuai dengan perkembangan zaman, atau menggantikan suasana kaku karena sudah ketinggalan model baik warna, bentuk dan fungsinya atau bagaimana memperbaiki sesuatu yang ada, menjadi selera kekinian meskipun selera saat ini cepat berubah.

Yogyakarta, 25 Agustus 2019
Kurapreeet
Jajang Kawentar


Author: 

Related Posts

Tinggalkan Balasan