Handoko Ndok Realisasikan Rasa Syukur dengan Melukis

 Seni

SEDULURNYENI.COM – 26/11/2019 , Handoko Ndok  lahir di Surabaya, 10 April 1976 dengan nama lengkap Handoko Dwi Joko Priono.

Ketertarikannya pada dunia seni sudah dijalani sejak masa sekolah dasar dimana Handoko Ndok sering diminta oleh sekolah mewakili dalam lomba menggambar baik ditingkat kecamatan maupun kota Surabaya. Kegiatan berkesenian tersebut  terus berlanjut sampai dibangku kuliah.

Handoko Ndok yang lahir dari keluarga sederhana ini nekat melanjutkan kuliah Jurusan Teknik Sipil dan perencanaan di Universitas 17 Agustus 1945, sebuah universitas swasta di Surabaya. Dengan biaya kuliah yang dia upayakan sendiri dari hasil menerima pesanan lukis potret, menerima pekerjaan gambar dinding / mural,  serta bekerja freelance sebagai design interior disalah satu perusahaan interior furniture di Surabaya, hal ini dijalaninya sampai dengan selesai menempuh perkuliahan tahun 1999.

Selepas kuliah Handoko Ndok mulai meniti karier pekerjaan didunia kontruksi sesuai dengan disiplin ilmu yang diperoleh selama masa perkuliahan dan bergabung dengan salah satu perusahaan kontruksi baja 3 besar Indonesia yang mengerjakan proyek – proyek besar seperti bandara udara , PLTU dll. Kesibukan didunia kerja ini yang banyak menyita waktunya untuk berkesenian seperti yang dilakukan semasa SMA danKuliah, tetapi hal ini tidak bisa memupus habis gairah berkesniannya, sehingga Handoko Ndok tetap meluangkan ditengah kesibukannya menggambar dikertas, papan atau dengan media seadanya yang penting hasrat mengambarnya tersalurkan.

Tahun 2015 Handoko Ndok memutuskan untuk keluar dari perusahaan dan memilih untuk memulai usaha sendiri dalam Bidang Kontruksi kecil – kecilan dengan modal nekat dan Alhamdulillah berjalan lancer dan berkembang dan pada tahun 2017 Handoko Mengembangkan Usaha pada bidang  Developer  perumahan Subsidi dengan Mendirikan PT. Restu Bumi Kalingga.

Sejak memulai usaha sendiri tahun 2015 inilah Handoko Ndok Banyak mempunyai  waktu luang sehingga mulai bisa menyalurkan hasratnya menekuni seni rupa lebih serius untuk menuangkan apa yang selama ini dia pendam menjadi sebuah karya yang lebih bagus dalam media Kanvas, tetapi semua karya awal tersebut masih menjadi media belajar dan mengembangkan kemampuan melukisnya sehingga Handoko NDOK belum berani menampilakan karyanya untuk Publik dalam sebuah pameran ataupun publikasi media sosial, BarupadaTahun 2019 Atas dorongan dari teman – temanpelukis yang  berada dekat dengan tempat tinggalnya di perum Citra Harmoniblok i9 no.31 Trosobo, Taman, Sidoarjo Handoko Ndok Memberanikan diri mempublikasikan  karyanya lewat Pameran Bersama.

Pameran Lukisan yang pertama diikuti di Hotel Golden Tulip Surabaya 20  September – 20 Oktober 2019, Sebelumnya pada Bulan Maret 2019  sudah Mendaftar di Event “ Pasar Seni Lukis Indonesia “ 11 -20 Oktober 2019 di JX internasional Surabaya tetapi kegiatan tersebut batal, karena kami dan teman – teman sudah mempersiapkan karya untuk pameran tersebut maka kami mencari event pengganti yaitu “ Pesta Seni Lukis Indonesia / Indonesia Art Festival yang diadakan di Museum Nasional Jakarta pada tanggal 9 – 18 November 2019.

Karya lukisan  yang di tuangkan Oleh Handoko  Ndok mungkin lebih dekat kearah Ekpresionist  dan Kontemporer dengan mengkombinasikan Palet . Kuas maupun Finger, Tema Karyanya tidak jauh dari seputar Kearifan lokal , Budaya dan kesenianTradisional  yang  selalu mewarnai kehidupannya semasa kecil seperti Wayang, Jaranan, Reog maupun karya imajinatif yang memunculkan figure mitologi Fiktif maupun Figure yang akrab pada tradisi Jawa. Karya – Karyanya sering kali mengusung tema dan cerita yang bernarasi, seperti karya “ CAKRAWALA SESAL “, “KOLOMONGSO”, dan “ WIRANG” yang dibawa dalam pameran di SWISS BELINN RESIDENCE Epicentrum Jakarta selatan pada  4 – Desember 2019.

Selain Karya diatas masih banyak lagi karya seperti  WISANGGENI LAHIR, ORA WARAK, FIGHTING SPIRIT, RONGGENG. POJOK SUROBOYO, GASING, GUNDUH serta masih ada beberpa koleksi karya.Bagi Handoko Ndok Melukis / membuat Karya seni rupa bukan hanya sekedar menyalurkan Hobby dan bakat tetapi lebih merupakan bagian dari realisasi rasa Syukur atas anugerah bakat dari Tuhan YME yang telah memberikan kemampuan, Gairah dan kreatifitas yang  tidak dimiliki oleh semua insan.

Karena itulah dia selalu berusaha membuat karya yang merdeka dan tidak pernah terbebani oleh Apresiasi pasar. Sampai saat ini pun Handoko Ndok DP masih terus belajar sambil terus berkarya dan belum bisa menentukan target Untuk Karya – Karyanya bisa di Apresiasi dan dikoleksi oleh pecinta lukisan kalaupun ada yang berminat Mengapresiasi ataupun mengkoleksinya itu merupakanTambahan Nikmat dari apresiasi Rasa Syukur kita pada Tuhan.

Dan salah satu ungkapan rasa syukur di akhir tahun 2019 ini Handoko Ndok akan mengikuti Pameran Seni Rupa Online dengan tema “Harapan baru di tahun yang baru 2020” pada tanggal 20 Desember hingga 20 Januari 2020 di MEDSOS FB, Youtube dan IG,  mari silakan simak dan apresiasi karya Handoko Ndok, semoga menginspirasi. Sedulurnyeni.com


Author: 

Related Posts

Tinggalkan Balasan