Melangkah Menuju Cakrawala Baru, Hadapi Era Digital

 Pendidikan

SEDULURNYENI.COM. Dalam rangka memperingati hari Kenaikan Kristus GKMI Jogja – Pundong mengadakan ibadah padang 30 Mei 2019 di Omah Pakem, Sleman.Yogyakarta.

Dalam ibadah yang di pimpin oleh Pdt Janti Diredja diharapkan jemaat GKMI Jogja dan Pundong siap Melangkah Menuju Cakrawala Baru. Pdt. Janti mengajak pemuda, remaja serta bapak ibu, anak siap dalam menghadapi era digital yang tidak bisa di hindari. Pandangan kedepan dan optimis menjadi pribadi dan jemaat di jaman yang serba cepat tetap setia  mengandalkan Kristus.

Diharapkan pula oleh Rudi Santoso sebagai ketua majelis GKMI Jogja agar jemaat tetap solid dan siap mandiri, solid dalam pelayanan dan mandiri bagi remaja dan pemuda untuk mendapatkan pendidikan yang tepat, siap memasuki dunia kerja, setia dalam pelayanan.

Selain renungan ibadah dari Pdt. Janti, di hadirkan pula Ayu Wulan Dewi beserta tim dari Hope Indonesia sebagai pembicara dalam seminar “Menghadapi era digital” seusai coffee break 15 menit.

Ayu membuka bayak  pengetahuan tentang dampak gadgad dalam kehidupan sehari hari, baik anak, remaja maupun orang tua pengguna smart phone. Sebuah kengerian terjadi bila ketergantungan terhadap Gadget. Kedekatan dan interaksi terhadap keluarga serta masyarakat akan berkurang. Mereka lebih dekat dengan medsos, IG,Facebook,WA,TIK TOK, Telegram dan lainnya.

Konten demi konten yang menyenangkan membuat pengguna smart phone tidak mau lepas dari tanganya.Dan yang paling berbahaya adalah konten pornografi yang bila di konsumsi secara terus menerus akan merubah sruktur otak dan menyebabkan ketergantungan untuk mencari kesenangannya sendiri Tentunya perubahan ini terjadi sedikit demi sedikit, fase demi fase, dan sangat berbahaya bagi masa depan anak.

Dalam  menghadapi  perkembangan jaman yang sudah canggih dan serba instan harus disikapi dengan tepat dan ini adalah tanggung jawab  kita semua terutama kepada para orang tua untuk mengawasi anak-anak dalam penggunaan smart phone sesuai tingkatan usia.

Ada banyak langkah dalam menghadapi era digital  ini bagi orang tua dalam seminar yang di pandu Ayu antara lain : Buat Aturan terhadap anak dalam penggunakan smartpone, Orang tua melibatkan diri  masuk ke dunia online anak, Ajarkan anak untuk melindungi privasi,Jangan abaikan lokasi, Taruh komputer di tempat terbuka, Jadi Sahabat Anak, Beri waktu bersama keluarga setiap hari/ seminggu sekali, Jadi teladan bagi anak.

Dari serangkain langkah tersebut diatas ,Ayu  merangkum  secara garis besar ada 3 tip Kunci  yang harus dilakukan orang tua dalam keluarga yaitu :

1.Membangun komunikasi hangat bersama keluarga

2. Memaafkan dan minta maaf tak ada batasnya

3. Kasih sebagai dasar (Kolose 3 ayat 12 sampai 14)

 

Setelah mendapatkan pencerahan dalam seminar Ayu ( HOPE Indonesia ) dilanjudkan acara Game yang di pandu oleh pemuda GKMI dan berjalan dengan seru serta  banyak hadiah di bagikan untuk dinikmati bersama sama. Sebagai kata penutup serangkaian ibadah padang di Omah Pakem, seusai Games Ratya Wastu mewakili pemuda saat di jumpai jurnalis sedulurnyeni.com, ia  menyambut era digital sekarang ini dengan positif dan optimis.Sukoco/red

 


Author: 

Related Posts

Tinggalkan Balasan