Kehangatan Kerja Bakti di SD Winongo Ciptakan Lingkungan Sehat

 Pendidikan

SEDULURNYENI.COM – Sekolah merupakan tempat untuk belajar dan menimba ilmu bagi anak, tetapi tidak hanya ilmu secara akademis saja, hubungan sosial antara sesama siswa, guru dan juga wali murid kadang sering  terabaikan dan mulai terkikis karena pergeseran pola dan sistem sosial yang sangat dipengaruhi oleh perkembangan jaman yang menuntut segala sesuatu dengan cepat dan instan.

SD Winongo yang terletak di Jl Bantul dengan kebijakan sekolah melalui komunikasi dengan wali murid yang tergabung dalam paguyuban kelas dari kelas 1 s/d kelas 6 di libatkan untuk membuat program yang menunjang tentang kemajuan sekolah pada beberapa minggu lalu di salah satu ruang kelas SD menghasilkan beberapa gagasan yang kemudian disusun menjadi agenda kedepan sekolah.

Kerja bakti membersihkan lingkungan sekolah yang di selenggarakan pada hari Sabtu 18 Januari 2020 mulai pukul 8.00 hingga selesai merupakan salah satu hasil kegiatan pelibatan sekolah terhadap wali murid. Di hadiri sekitar 70 % wali murid dari kelas 1 hingga kelas 6 bahu membahu membersihkan lingkungan sekolah dari rumput liar yang mulai tumbuh. Konsumi di tanggung bersama dengan membawa dari rumah masing-masing dan dikumpulkan untuk menjadi konsumsi bersama. Kebersamaan tiap paguyuban kelas, siswa dan guru serta kepala sekolah merupakan wujud upaya  untuk sinergitas  antara komponen keluarga siswa dan pihak sekolah menjadi satu kesatuan keluarga besar untuk bersama-sama memajukan sekolah dan masa depan anak .

Kerja bakti ini hanyalah salah satu penunjang dalam program menciptakan lingkungan sekolah yang sehat ,  masih banyak program-progam lainnya. Dengan kerja bakti ini dirasa sangat penting untuk menjalin keakraban dan kehangatan hubungan sosial antara anak, wali murid, guru , staf dan kepala sekolah yang ikut terjun langsung  membakar sampah. Dibenarkan oleh Ibu Indah salah satu  wali murid kelas enam bahwa kebersamaan ini langka, ia sangat senang dan respek  mengikuti kerja bakti hingga usai. Sukoco


Author: 

Related Posts

Tinggalkan Balasan