Harus Sesuai Peruntukan di Bidang Pendidikan , Palembang Dapat DAK Rp. 719 M

 Pendidikan

SRIPOKU.COM, PALEMBANG – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Muhadjir Effendy menyerahkan Dana Alokasi Khusus (DAK), Bantuan Operasional Sekolah (BOS) Tahun 2019 kepada pemerintah Kota Palembang sebesar Rp719 miliar untuk anggaran pendidikan di Palembang.

Dalam sambutannya, dia meminta agar dana tersebut dapat digunakan sesuai peruntukannya,” mohon agar dana ini digunakan sebaik-baiknya,” katanya pada Acara Gebyar Pendidikan dan Kebudayaan di Dinas Pendidikan Kota Palembang, Senin (04/03).

Kepala Dinas Kota Palembang, Ahmad Zulinto menambahkan dana tersebut merupakan bantuan dana reguler dari pusat. Besaran dana yang diterima tahun ini pun tidak jauh berbeda seperti tahun lalu.

“Pembagian dana bantuan ini untuk KIP, BOS, tunjangan PPG, sertifikasi guru, DAK fisik maupun non fisik. Jumlah bantuan tersebut sudah terakumulasi dari seluruh bantuan dari pusat. Jadi, jangan berpikir kami mendapat suntikan dana baru sebesar itu,” tambahnya.

Adapun mekanisme pencairan dana bantuan yaitu seperti pencairan dana sebelumnya. Jika dana sertifikasi akan cair per tiga bulan sekali serta untuk DAK akan dicairkan pada bulan April mendatang.

Dia melanjutkan, nantinya keseluruhan dana tersebut dikembalikan ke kas daerah terlebih dahulu untuk kemudian akan didistribusikan ke masing-masing pos sesuai dengan kebutuhan.

“Tentunya dana bantuan tersebut juga akan digunakan untuk perbaikan sekolah. Apalagi saat ini masih 30 persen infrastrukur sekolah harus diperbaiki. Di Palembang, khususnya di kawasan Seberang Ulu dan Ilir Barat masih cukup banyak sekolah yang harus dibangun dan direnovasi gedungnya. Untuk sekolah yang sudah bagus terus akan ditambah fasilitasnya,” terangnya.

Sementara itu, Wakil Walikota Palembang, Fitrianti Agustinda mengatakan mengenai dana bantuan pusat pihaknya segera berkoordinasi dengan dinas terkait untuk menggunakan dana tepat sasaran.

“Dana bantuan dari mendikbud tadi akan difokuskan pada pembanguan infrasruktur pendidikan,” katanya.

Untuk pembagian dana ke pihak sekolah, Finda mengatakan, akan menggunakan zonasi sekolah sehingga akan bisa terbagi secara merata.

Hal tersebut dimaksudkan, agar tidak terjadi ketimpangan fasilitas antara siswa dari kelaurga berada dengan siswa yang berasal dari golongan ekonomi lemah, ” ini artinya nantinya sekolah bagus dan tidak ada lagi sebutan sekolah favorit. Begitu juga dengan guru-gurunya akan disebar secara merata agar nantinya bisa menghasilkan peserta didik yang berkualitas.” ujarnya.(mg3)

Artikel ini telah tayang di sripoku.com dengan judul Harus Sesuai Peruntukan di Bidang Pendidikan , Palembang Dapat DAK Rp. 719 M, http://palembang.tribunnews.com/2019/03/04/harus-sesuai-peruntukan-di-bidang-pendidikan-palembang-dapat-dak-rp-719-m.
Penulis: Jati Purwanti
Editor: Budi Darmawan


Author: 

Related Posts

Tinggalkan Balasan