DUA NEGARA SERUMPUN KERJASAMA MENINGKATKAN KUALITAS PENDIDIKAN

 Pendidikan

 

Indahnya kerjasama antar Negara dalam dunia pendidikan membuat inspirasi kemajuan pendidikan seperti dilaksanakan oleh tiga belas kepala sekolah khususnya Yogyakarta, Indonesia dengan Malaysia pada (10/3) salah satunya termasuk SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta di Boutiqe Hotel Yogyakarta. “Membangun Netwoking atau hubungam dengan orang lain dari berbagai kalangan merupakan prinsip umum yang di pegang oleh para orang sukses.

Kita sadar tidak bisa sukses mengandalkan diri sendiri, semakin banyak orang yang di kenal maka semakin banyak kesempatan yang kita miliki untuk belajar dalam mengembangkan prestasinya, (10/3) MoU signing untuk sahabat dari Malaysia yang sedang berada di Yogyakarta” papar Kepala SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta Heriyanti, S.Pd.,M.M.

Persiapan untuk menemui dan menjalin kerjasama dengan Puan Maemunah binti Mustaffa (Pejabat Pendidikan Daerah Kuala Langkat, Banting Selangor Malaysia) dengan masing-masing Kepala Sekolah menyiapkan dokumen MoU. Sambutan wakil dari ke tiga belas Kepala sekolah di sampaikan oleh Bapak DR.Sri Lahir dalam sambutannya menyampaikan ” bahwa dari tiga belas sekolah ini akan belajar banyak pada sekolah- sekolah di Malaysia, mohon sekiranya Puan Maemunah membantu dengan memberikan informasi, kiat-kiat sukses dan berharap MoU bisa terus berjalan dan ada hasilnya”. Di Hotel Boutiqe di sambut oleh Puan Maemunah dan Tim yang begitu ramah, langsung diajak dinner bergabung dengan tiga belas kepala sekolah dan delegasi Malaysia.

Setelah ramah tamah ,segera di mulai Opening Ceremony tepat pukul 19.30,  acara di pandu oleh bintang tamu dr.Fathia dengan apik, santai tetapi tetap Formal. Sambutan dari Malaysia oleh Puan Maemunah binti Mustaffa “memperkenalkan satu persatu pejabat selanggor malaysia yang hadir di Boutiqe Hotel, kemudian beliau menyampaikan Konsep Pendidikan Selangor, Dinas pendidikan di selangor memiliki 4 sekolah Negeri khusus sekolah orang pedalaman dan primitive,

Pembelajaran menerapkan student centre” hal itu menjadi ketertarikan tersendiri. Guru di selangor malaysia didampingi Para Expert dan Counselor untuk “curhat” masalah kesulitan- kesulitan dan psikologi supaya dalam pembelajaran kepada siswa akan tumbuh suasana belajar yg saling menghormati, penuh kasih sayang, dan seronok (rasa bahagia), Lama pendidikan di Sekolah Sekolah Dasar ditempuh selama enam tahun, SMP ditempuh selama empat tahun dan SMA ditempuh selama dua tahun, Mutu lulusan baik, jika proses pembelajaran berjalan baik. Dipenghujung waktu kemudian Master Ceremony dr.Fathia memanggil satu persatu dengan bahasa Inggris penandatangan MoU “Agreement of Partnership Between SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta – Pejabat Pendidikan Daerah, Kuala Langat,Banting, Selangor, Malaysia, The sides recognize that collaborative efforts will be of mutual benefid and will contribute to an enduring institutional linkage for education co-operation” di sela-sela acara tentu semua antri menunggu giliran pembawa acara memanggil, karena setiap kepala sekolah diberi kesempatan memberikan cindera mata ada buku, profile sekolah, dan cinderamata lainnya, dengan sabar dan senyum ramah puan Maemunah melayani, diakhi acara sesi Foto bersama.

Semoga jalinan dua Negara serumpun ini dapat meningkatkan kerjasama dalam peningkatan kualitas pendidikan dan membangun peradaban yang penuh kasih sayang dan kesantunan pungkas Heriyanti, S.Pd.,M.M.    Mtp / Koco


Author: 

Related Posts

Tinggalkan Balasan