Pertemuan Sabdo Laras dengan Musik Eropa dalam Kebaktian Tutup Semester UKDW

 Budaya

SEDULURNYENI.COM- Selasa 3 Desember 2019  sebuah kebaktian tutup semester gasal 2019/2020 Fakultas Teologi UKDW Yogyakarta dibarengi dengan Ibadah Sakramen Perjamuan Kudus Pemberitaan Sabda “ Pemulihan “ Pdt. Djoko Prasetyo A.W., M,Th. bersama 5 pendeta  dan majelis pendamping dari GKMI Jogja  telah berlangsung dengan hikmat. Ada yang unik dalam kebaktian tersebut karena konsep liturgi yang dirancang bermaksud untuk mempertemukan musik tradisi jawa yang di persembahkan oleh Paguyuban Karawitan Sabdo Laras GKMI Jogja dengan musik eropa diantaranya Piano dan musik lainya yang dipersembahkan oleh Para Mahasiswa Fakultas Teologi UKDW beserta Tim Paduan Suara yang begitu Indah.

Sebagai perancang liturgi, Pdt. Stefanus Christian Haryono, MACF   Dosen Fakultas Teologi UKDW  menjelaskan bahwa UKDW menerapkan Teologia Kontektual yang mengangkat, mengolah budaya yang ada diantaranya seni tradisi untuk  ikut menjadi bagian dari sebuah liturgi dalam peribadatan perjumpaan dengan Allah. Dan Sabdo Laras adalah paguyuban seni karawitan yang di uri-uri  GKMI Jogja mendapatkan kesempatan menjadi bagian  dalam peribadatan tersebut.

Selain Peribadatan , acara Istimewa juga berlangsung yaitu penyerahan penghargaan kepada  Pdt.  Aristarchus  Sukarto,BA, Mth, ThD  dalam pengabdianya sebagai mantan dosen dan mantan Rektor UKDW dua periode, beliau juga merupakan jemaat GKMI. Satu hal yang sangat berkesan dari Pdt. Aristarchus  terkenal dengan  Konsep pembaharuan dalam segala hal di antaranya mengajarkan Konsep Kemandirian sebagai Lembaga maupun Bergereja serta dalam kehidupan sehari – hari . Sukoco/ sedulurnyeni


Author: 

Related Posts

Tinggalkan Balasan