SRI SULTAN HB X BUKA PAMERAN BUDAYA JAWA “ABALAKUSWA” HADIBUSANA KERATON YOGYAKARTA

 Budaya


SEDULURNYENI.COMl – Rangkaian Kegiatan 32 Tahun Tingalan Jumenengan Dalem, Karaton Ngayogyakarta Hadiningrat, Paduka Sri Sultan HB X ( 7 Maret 2020 ) telah membuka Pameran Budaya Jawa ” ABALAKUSWA ” Hadibusana Keraton Yogyakarta mulai pukul 19.00 WIB di Bangsal Pagelaran Keraton Yogyakarta.Pameran berlangsung hingga 4 April 2020.


Dalam sambutanya Gusti Kanjeng Ratu Hayu selaku ketua panitia menyampaikan bahwa pada tahun 2020 ini menjadi tahun yang monumental bagi keraton Yogyakarta
Untuk kembali merefleksikan perjalanan 32 tahun dari sebuah kekuasaan yang mewarnai peradaban. Melalui busana mozaik peradaban di keraton juga dapat disusun dan dinarasikan kembali
sebagai kekayaan intelektual budaya.
Hal ini yang mendorong keraton untuk terus mendukung merawat kekayaan intelektual leluhur , melalui kegiatan simposium dan pameran.
Abalakuswa Hadibusana Keraton Yogyakarta sebagai tajuk dalam pameran,Abalakuswa berarti rangkaian busana kebesaran. Busana juga sebagai ruang ekspresi politik pada periode kekuasaan. Busana juga sebagai penentu identitas dan strata sosial pada masa pemerintahan Sultan HB VI sampai HB VIII yang mempunyai kreatifitas luas dalam mengembangkan motif batik.
Di kraton motif batik menjadi tanda kebesaran Raja seperti parang rusak barong yang mengalami perkembangan yg beraneka ragam oleh para pangeran, juga pada pakaian dalam seni pertunjukan tari bedoyo.
Harapanya dengan pameran ini masyarakat dapat melihat sejarah panjang peradaban dan menyelami indentitas budaya dengan rupa-rupa busana Yogyakarta serta dapat menebar inspirasi dan nilai positif. skc/ sedulurnyeni.


Author: 

Related Posts

Tinggalkan Balasan