MEDIA GATHERING & PRESS CONFERENCE , Rangkaian 32 Tahun Tingalan Jumenengan Dalem Sri Sultan Hamengku Buwono X

 Budaya

SEDULURNYENI.COM – Yogakarta  Sabtu, 15 Februari 2020, Karaton Ngayogyakarta Hadiningrat mengundang  beberapa media  dalam acara MEDIA GATHERING & PRESS CONFERENCE  Rangkaian 32 Tahun Tingalan Jumenengan Dalem Sri Sultan Hamengku Buwono X , acara dimulai pukul 10.00 s/d 12.00 WIB berlokasi di Pendopo Royal Ambarukmo Yogyakarta, undangan terbatas  1 media diwakili 1 orang.

Hadir sebagai pembicara yaitu Gusti  Kanjeng Ratu Hayu dan Gusti Kanjeng Ratu Bendara, beliau berdua menjelaskan banyak hal tentang latar belakang serta rangkaian acara Peringatan 32 Kenaikan Tahta Sri Sultan Hamengku Buwono X , tepatnya pada tanggal 24 Maret 2020. GKR Hayu selaku Ketua Panitia Simposium memaparkan, selain pameran budaya, rangkaian peringatan 32 Kenaikan Tahta Sultan HB X juga akan digelar Simposium Internasional, pertunjukan Seni Adiluhung, dan kegiatan adat, seperti Ngebluk, Ngapem, Sugengan, dan Labuhan.  Gusti  Kanjeng Ratu Bendara menyampaikan bahwa  “Dulu Keraton Yogya ini kan sebuah Negara. Yogya ini mempunyai pakaian-pakaian khusus, seperti pakaian hakim, petugas pajak. Dulu ada seragamnya sendiri yang sangat berbeda dengan yang ada sekarang,” Inilah yang menjadi latar belakang acara pameran busana koleksi  kraton. Kraton juga ingin mengikuti perkembangan jaman dengan bersinergi dengan era  millenial ini, sehingga kaum muda sebagai generasi bangsa ikut ambil bagian dalam pelestarian budaya, diantaranya melibatkan kurator muda di bawah 30 th  dalam Pameran Busana yang sudah di agendakan tersebut. Gusti Kanjeng Ratu Bendara berharap dengan peristiwa budaya  Peringatan 32 Kenaikan Tahta Sri Sultan Hamengku Buwono X ini mampu meningkatkan wisatawan untuk berkunjung ke Jogja.Gusti  Kanjeng Ratu Hayu memberikan beberapa bocoran tentang tari tarian yang akan ditampilkan nanti adalah tarian yang belum pernah di publikasikan,agar penasaran pungkasnya.

Berikut rincian jadwal  Mangayubagya 32 Tahun Tingalan Jumenengan Dalem Sri Sultan Hamengku Buwono X : 7 Maret 2020 pembukaan oleh Sri Sultan HB X di Bangsal Pagelaran dan Sitihinggil Keraton Yogyakarta , perform  Beksan Golek Menak  (terbuka untuk umum ), Pameran Hadibusana Keraton Yogyakarta “ AMBALA KUSWA “ Htm Rp.5000,- ,25 Maret 2020 Beksan Trunojoyo ( terbuka untuk umum ), 4 April  Penutupan, Wayang Wong ( terbuka untuk umum ). Sukoco/sedulurnyeni


Author: 

Related Posts

Tinggalkan Balasan