Dalang Tahun 1980an Ki Budi Suyono, Sabrang Lor Mengambil Lakon Rabine Bambang Sumitra

 Budaya

SEDULURNYENI.COM – Seni pedalangan merupakan salah satu kekayaan budaya warisan leluhur sangat tinggi nilainya dan merupakan Seni adiluhung artinya Indah mempunyai nilai luhur.

Seperti seorang dalang Lama sekitar tahun 1980an Ki Budi Suyono (70) dalang wayang kulit tinggal di Dusun Sabrang Lor, Triwidadi, Pajangan, Kabupaten Bantul sebagai dalang tidak setenar dijamannya, kini mulai tampil di Dusun Blabak Rt. 03, Triwidadi, Pajangan Kabupaten Bantul, Ki Budi Suyono ada kesempatan tampil saat dibutuhkan oleh tuan rumah Tari Haryanto yang punya hajatan menikahkan anaknya putri bernama Nur Wachidatun pada Kamis (12/12/2019) ijabqobul dilakukan di KUA Pajangan oleh Drs. H. Suryadi dengan melepas sepasang burung perkutut di halaman Kantor KUA. Seusainya disambut dengan ramainya hiburan kesenian wayang kulit oleh dalang Ki Budi Suyono.

Menurut Tari “Pak Budi Dalang lawas tetapi tidak setenar seperti Dalang lainnya, sebetulnya nglaras suluk dan pakem pewayangan dapat di simak” begitu pula senada disaimpaikan oleh Puji Winarto warga Blabak Rt. 03.

Ki Budi Suyono dalang lawas berputra Empat cucu delapan cicit satu ini cukup piawai dalam memainkan jogetan wayang lucunya tak ketinggalan. “Semoga Seni pedalangan wayang dapat diuri-uri sebagai warisan budaya bagi kaum muda dan walau seusia saya ini saya siap melaksanakan apabila ada yang menghendaki saya untuk memberi hiburan pewayangan dimana saja, saya ditemani partner krawitan dari Laras Manunggal dipimpin Saeno” tuturnya.

Mtp/koco/ sedulurnyeni


Author: 

Related Posts

Tinggalkan Balasan