AKSI CANDI DARLING DAPAT RESPON POSITIF DARI MAHASISWA DI YOGYAKARTA

 Budaya

Sedulurnyeni.com – Sebuah gerakan nyata aksi sadar lingkungan  yang dimulai dari hal yang paling mudah seperti semangat kolaboraksi saat menanam bibit pohon di situs warisan budaya dan sejarah , dan tidak membuang sampah sembarangan serta masih banyak lagi hal-hal kecil yang bisa dilakukan oleh masyarakat di lingkungan sekitar. Dengan sebutan Darling Squad terdiri dari berbagai kampus di Yogyakarta, inilah potret aksi sejumlah mahasiswa yang siap sadarling kungan .Aksi Candi Darling ini sudah berjelan beberapa kali , pada tahun lalu Candi Darling melakukan aksinya di komplek Candi Prambanan. Dan Tahun ini aksi Candi Darling dilaksanakan di dua tempat bersejarah yaitu di Candi Ijo dan Kraton Ratu Boko.

Selasa, 12 November 2019 sedikitnya 200 mahasiswa dari berbagai kampus di Yogyakarta  seperti Universitas Gajah Mada, Institut Seni Indonesia Yogyakarta, Universitas Mercu Buana, Universitas Sanata Darma dan beberapa kampus lainnya mengikuti kolaborasi Candi Darling ini. Antusias dari mahasiswa sangat positif dan bisa memberi dampak untuk lingkungan.Seperti yang kitaketahui Candi Ijo dan Kraton Ratu Boko ini sangat gersang dan sedikit tumbuhan atau pohon.Jadi aksi candi darling ini diharapkan bisa membantu penghijauan di dua candi tersebut.

Aksi ini didukung penuh oleh Bakti Lingkungan Djarum Foundation, Taman Wisata Candi (TWC), BPCB DIY. Menurut Wiharjanto dari JM Ratu Boko yang mendapat mandat untuk mengelola TWC Ratu Boko menurutnya kegiatan ini sangat bagus dan juga positif, karena menurutnya dar ibeberapa masukan masyarakat yang berkunjung di Ratu Boko ini yang dikeluhkan adalah panas dan kurangnya ruangan hijau. Harapannya setelah adanya kegiatan ini banyak pengunjung yang datang merasakan hijaunya candi Ratu Boko dan Candi Ijo.

Lebih dari 2000 bibit tanaman di tanam di dua situs ini, jenis bibit tanaman yang juga beragam salah satunya bibit tanaman asoka, bunga melati dan masih banyak lagi dengan menggunakan tanah campuran pupuk dan sekam (padi yang sudah tidak ada berasnya). Selain acara penanaman bibit pohon,kegiatan candi darling ini juga diadakannya workshop tentang daur ulang sampah plastik dan membuat video kreatif dari Kertabumi dan Video Antelope. Selain itu Darling squad juga mendapat hiburan dari Gangsal Dance dan Guest star Kunto Aji.

Revana Novianti salah satu peserta Candi Darling dari kampus Mercubuana ini menurutnya sangat senang dan menikmati setiap kegiatannya, selain untuk mengikuti aksi penghijaun , Revana juga menyampaikan sebagai ajang kenalan dengan teman baru, menyalurkan hobby menanamnya serta untuk merefresh otak yang disibukkan dengan tugas tugas kampus. Respon positif dari Revana kegiatan ini sangat memadai karena di fasilitasi berupa transportasi, makan, E-Sertifikat, dan juga ada Marcendise yang menarik dan berguna. Revana juga memberi sedikit saran agar kegiatan ini jangan terlalu lama diadakan bisa setahun berkali kali dan pindah lokasi serta pemilihan hari kegiatan jangan dihari yang efektif jam kuliah agar banyak peserta yang ikut dan tidak bolos kuliah. (HarisMujiono)


Author: 

Related Posts

Tinggalkan Balasan