Budidaya Cacing Meningkatkan Ekonomi Keluarga Bagi Ruwi Wahyudi

 Bisnis

Ferdy bersama Isman Suteja Anggota Petani. M. Ali Rofiq, D.A Wakil Ketua, dan Nunung Markilat ( Petani Dari Sleman ) berkunjung serta belajar bagaimana caranya budidaya cacing tanah ( Lumbricus – nama latinnya ) di daerah Kasongan, Kabupaten Bantul tempat budidaya cacing Ruwi Wahyudi dalam menekuni usaha kurang lebih sudah sepuluhan tahun dari tahun 2009.

Sabtu, (30/11/2019) Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Persaudaraan Mitra Tani Nelayan Indonesia ( PETANI ) Kabupaten Bantul – Daerah Istimewa Yogyakarta Ferdinand. S. P. Tobing Siap mengadakan pelatihan bagaimana budidaya cacing untuk menambah pendapatan ekonimi Keluarga tempat pelatihan di Di Kasongan Permai, Kecamatan Sewon, Kabupaten Bantul.

Kegunaan berternakn cacing tanah ( Lumbricus) sangat menjanjikan di pasarannya seperti cacing tanah tersebut diolah bisa menghasilkan enzim dan cacing kering untuk keperluan farmasi, sedangkan dari olahan tersebut dapat menghasilkan probiotik bagi hewan ternak lainnya swperti ayam, sapi, dan kambing. Seperti casting ( pupuk yang diolah dari cacing tanah ). Ruwi Wahyudi juga mengatakan prospek dan kendalanya kedepan dari ternak cacing tanah, cara budidaya yang benar, cara berinvestasi yang menguntungkan dan apa saja perlengkapan / alat yang dibutuhkan bagi peternak cacing tanah, budidaya caing tanah agar tidak bau, dan juga mengatakan bahwa cacing tanah sangat tinggi kandungan proteinnya” pungkasnya.

Ruwi “awalnya menjadi pembudidaya cacing tanah membentuk kelompok kecil dengan memberdayakan masyarakat sekitar untuk menjadi peternak cacing tanah yang kemudian hasil dari ternaknya tersebut saya beli kembali” . (topo/ferdy}


Author: 

Related Posts

Tinggalkan Balasan